PT Pos Indonesia (Persero), sebagai salah satu BUMN yang memiliki tugas penting dalam sektor kurir, logistik, dan keuangan, berkomitmen untuk meningkatkan transparansi informasi kepada publik. Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) bertugas sebagai garda terdepan dalam upaya ini, memastikan bahwa seluruh informasi publik dapat diakses dengan akurat, tepat waktu, dan mudah diakses.
Visi PPID PT Pos Indonesia (Persero) adalah "Mewujudkan Transparansi dengan Inovasi dan Kolaborasi". Dengan visi ini, PPID tidak hanya berkomitmen untuk menyediakan informasi, tetapi juga untuk melakukan inovasi dalam penyampaian dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas informasi.
PPID PT Pos Indonesia berkomitmen untuk selalu menjaga integritas dan akurasi informasi. Dengan mekanisme pengawasan internal dan feedback dari publik, PPID terus berupaya meningkatkan kualitas layanan informasi.
Dengan semangat transparansi, inovasi, dan kolaborasi, PPID PT Pos Indonesia (Persero) berupaya memberikan layanan informasi terbaik kepada publik. Melalui berbagai layanan yang telah dihadirkan, diharapkan masyarakat dapat memahami lebih baik baik tentang informasi dan kontribusi PT Pos Indonesia bagi negeri ini.
Mewujudkan Transparansi dengan Inovasi dan Kolaborasi.
Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero)
Jl. Cilaki No.73 Bandung
Email: ppid@posindonesia.co.id
Website: https://www.posindonesia.co.id
1. Siapa yang dapat mengajukan permintaan informasi publik?
Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) atau badan hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
2. Apa saja persyaratan mengajukan permintaan informasi publik?
Untuk perorangan melengkapi identitas diri berupa KTP; Kelompok melengkapi surat kuasa dan KTP orang yang diwakilkan; Untuk Badan Hukum melengkapi akta pendirian yang diterbitkan oleh kementerian yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia.
3. Bagaimana cara mengajukan permintaan informasi publik?
a. Pelayanan Langsung
Mendatangi Kantor PT Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Gedung Graha Pos Indonesia Jl. Banda No.30 Bandung untuk mengisi formulir yang disediakan oleh petugas pelayanan informasi.
b. Pelayanan Online
Mengajukan permintaan informasi melalui yang tersedia pada website https://www.posindonesia.co.id dan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan.
4. Bagaimana mekanisme pemberian tanggapan PPID atas permintaan informasi publik?
Tanggapan atas permintaan informasi publik disebut Pemberitahuan Tertulis akan disampaikan dengan cara menyerahkan langsung kepada pemohon, dikirim melalui pos atau email yang telah didaftarkan dengan lampiran pada saat registrasi.
5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapat informasi?
Petugas pelayanan informasi akan menindaklanjuti permintaan informasi dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang dalam 7 (tujuh) hari kerja berikutnya jika perlu pertimbangan lebih lanjut.
6. Bagaimana jika Pemohon tidak puas dengan tanggapan informasi?
Pemohon dapat mengajukan keberatan kepada PPID melalui website https://www.posindonesia.co.id atau datang langsung ke area layanan informasi di kantor PT Pos Indonesia (Persero). Pemohon akan menerima tanggapan dari Alasan PPID paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya keberatan secara tertulis.
7. Berapa biaya untuk memperoleh informasi publik?
PPID PT Pos Indonesia (Persero) menyediakan layanan informasi publik gratis (tidak dipungut biaya). Sedangkan untuk penggandaan atau perekaman, pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan secara mandiri di tempat penyediaan jasa fotocopy yang berada di sekitar Gedung perkantoran dengan didampingi oleh petugas layanan informasi atau mendapatkan media penyimpanan elektronik untuk perekaman data/informasi.
8. Waktu layanan informasi
PT Pos Indonesia (Persero) membuka layanan informasi publik setiap Senin sampai Jumat (hari kerja) pada pukul 09.00 – 16.00 WIB.
Klik Disini untuk melihat Struktur PPID
Dokumen Penetapan Struktur PPID